Badong, Penangkal Perkosaan dan Perselingkuhan

Posted on
  • Monday, March 14, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Pada jaman Kerajaan Majapahit di era pemerintahan Raja Hayam Wuruk di abad ke-14, orang pasti akan berpikir panjang sebelum melakukan suatu tindakan mesum kepada wanita, ataupun untuk berbuat selingkuh dengan istri orang lain. Pada saat itu diberlakukan Undang-Undang Paradara, yang antara lain mengatur tentang larangan untuk berbuat tidak senonoh dengan wanita yang bukan istrinya.

    Dan yang termasuk ke dalam kategori pidana antara lain mengganggu, meniduri, memegang-megang, meminjam pakaian tanpa ijin, berbicara di tempat sepi, mengadakan pertemuan diam-diam, mengajak lari ataupun bertengkar, baik itu dengan istri orang ataupun wanita yang masih lajang.

    Bagi para lelaki hidung belang yang mencoba melanggarnya disediakan hukuman yang bervariasi tergantung pada tingkat kesalahannya. Mulai dari denda sebesar 4.000 laksa, hingga yang terberat adalah hukuman mati.

    Namun, selain dilindungi dengan undang-undang yang berlaku saat itu, kaum wanita di jaman Majapahit juga dilindungi dari tindak perkosaan dan perselingkuhan secara fisik. Yaitu, pada waktu itu para wanita, utamanya kaum menengah, dilindungi dengan menggunakan semacam celana dalam yang terbuat dari logam atau yang disebut badong.

    Ya, celana dalam dari logam, atau badong tersebut wajib dikenakan seorang istri ketika ditinggal oleh sang suami dan dilengkapi dengan sebuah gembok yang hanya dipegang oleh suami. Penggunaannya diletakkan di luar kain, tepat di depan alat kelamin wanita. Sayang sekali, tidak ada penjelasan, bagaimana para wanita tersebut nantinya akan menjalankan kegiatan pribadi, misalnya buang air, selama kunci masih dipegang suami.

    Badong tersebut biasanya dikenakan oleh para wanita bangsawan selama suami mereka sedang berpergian atau sedang berperang. Dengan demikian celana dalam tersebut akan melindungi wanita dari korban perkosaan atau kemungkinan terlibat perselingkuhan dengan lelaki lain selama suami pergi. Selain itu, badong juga digunakan oleh para pertapa atau pendeta wanita, untuk menahan godaan syahwat, sehingga mereka tidak bisa berbuat intim dengan lawan jenis.

    Sebuah badong berbahan emas pernah ditemukan di daerah Madiun yang merupakan peninggalan era Majapahit dan sekarang tersimpan di Museum Nasional Jakarta. Permukaan badong mewah tersebut dihiasi dengan relief cerita Sri Tanjung, seorang wanita suci yang dituduh berselingkuh oleh suaminya.

    Dan tidak hanya di Jawa, di Aceh benda semacam badong juga ditemukan dengan nama cupeng. Menurut tradisi, cupeng yang berbentuk seperti hati, berfungsi sebagai penutup kelamin anak perempuan. Selain itu mereka juga percaya bahwa cupeng tersebut dapat menangkal pengaruh roh jahat.

    Sementara di Eropa, penyegelan daerah intim wanita juga dikenal pada awal abad Masehi. Sebuah peninggalan sejarah bangsa Romawi juga sering ditemukan adanya lukisan wanita yang mengenakan celana dari logam. Kemungkinan memang celana logam tersebut dimaksudkan untuk melindungi kaum wanita dari pada keong racun. Bagaimana kalau wanita jaman sekarang juga menggunakan ya?. (Intisari/ill: museumnasional.wordpress.com)

    27 comments:

    Arief Bayoe Sapoetra said...

    wah kalau jaman sekarang pake badong bisa dirampok diambilo dijual dech badongnya langsung jadi milyader....hihihihihi just kidding

    Qori Reader said...

    menurut saya sih bagus tuh make badong...
    gak cuma cewek , tapi juga cewek.. agar keperkasaan senjata kita bisa lebih kuat dalam menangkal.
    selain itu juga bisa menjadi olahraga yang efisien ditengah kesibukan yang menerpa manusia modern sekarang..

    bayangin aja, manusia ngebawa cd logam didalam celana... hehehe..

    Tak ada pertamaxx dan komen junk diantara kita

    Coretan Hidup said...

    Wah, bagus banget ya pertahanana keamanan wanita jaman dulu. Kalau dijaman sekarang memakai badong, apa nggak berat tuh?

    Djangan Pakies said...

    wah susahnya kalo mo buang air mesti nyari suaminya, ato jangan-jangan dikasih saluran khusus

    Brigadir Kopi said...

    kalo jaman skrng ada versi badong digital hihi pake password

    Sukadi said...

    Susah dibayangkan, tapi efektif juga pada masanya he.he.
    kalau jaman sekarang diberi perlakuan seperti itu pasti sudah dianggap melanggar HAM ha.ha..

    Gaphe said...

    lucu bentuknya.. dan barutahu kegunaannya buat "menggembok" kemaluan.. hehehe..

    sekarang nggak ada begituan yah.. padahal bermanfaat banget.
    #heeh??

    Ami said...

    Susah juga komennya. Lha wong penjahat lebih pintar ngakalin dengan kunci palsu.

    Jaman sekarang gak ada, tapi kalo selingkuh keliatan dari gelagatnya kalo gak jujur, hape dihapusin smsnya, suka ngilang ditanyain kemana jawaban mbulet. Kalo dikontak, suka gak dijawab...

    Pagernya pake iman dan taqwa aja kayaknya nih, dari pihak suami dan istri. Kalo badong buat suami gimana yah?

    Senja said...

    lucu juga ya, bagaimana kalau perempuan itu ingin ke kamar mandi ya ?

    f4dLy :) said...

    waduh....(kaget) gimana nasibnya yah kalau mau buang hajat, kasian kalau harus nahan apalagi kalau suaminya malah hilangin kuncinya?kan tidak bisa di dobrak?
    berkunjung yah di rumah persahabatanku http://f4dlyfri3nds.blogspot.com

    david said...

    badongnya mahal ga? :D

    Sang Cerpenis bercerita said...

    ya ya kalo mau bab gimana tuh.

    Lozz Akbar said...

    saya cuma mikir nih brade Joe.. piye ya si pemakai kalo lagi kebelet pipis..?? tolong dicari jawabannya ya, aku penasaran ini hehehe

    Muhammad A Vip said...

    kalau jaman sekarang ada undang-undang yang mengatur secara ketat seperti jaman dulu, yang protes pasti bukan kaum laki-laki, tapi para wanitanya. haha

    blogdangkal™ said...

    sepertinya kita tidak usah kuatir brader Lozz, karena kunci digandakan :P (ngarang)

    r10 said...

    kalau jaman sekarang pemerkosa ga dihukum mati .... #kerusakan moral

    julie said...

    hihi ngakak baca komen arief
    iya joe pasti ribed deh pake badong gitu apalagi sampe sekarang belom tau kan gimana caranya sang perempuan melakukan pembuangan hariannya :D

    B.S.U. said...

    Waah bagus ya...

    Mr TM said...

    Mungkin k-lo zaman dulu ithu cara yg paling efektif kali ya. Tp bagaimana untuk zaman sekrang...

    Beberapa thn yg lalu saya pernah baca berita tentang para pekerja wanita panti pijat yg d wajibkan mengenakan rantai n gembok d celananya saat bekerja, dan semua ithu menuai pro n kontra....

    Yg paling sulit menurut saya mencegah NIAT pelaku, karna gembokpun masih bs d bongkar paksa....

    sita said...

    terus kalau dicolong maling gimana, kan terbuat dari emas

    primeedges said...

    yah... pupi dicelana dong, wkakakakakk....

    eM said...

    diterapkan jaman sekarang sudah tidak "kena" mungkin ya.. ?
    secara.., aktivitas perempuan masakini sangat banyak..& semoga juga parempuan kini sudah canggih melindungi diri dari pemerkosaan..(berharap) & ternyata cd bergembok sdh ada sejak zaman dahulu..

    John Terro said...

    sepertinya memang perlu hal itu
    ada lagi yang dikenal semacam alat berbahaya
    yang disebut vagina dentata

    johan said...

    aku punya nih,aku pikir dulunya liontin,gambarnya juga masih SRI TANJUNG Series.

    johan said...

    aku punya nih,aku pikir dulunya liontin,gambarnya juga masih SRI TANJUNG Series.

    rochani sastra adiguna said...

    dulu saya pernah nonton filmnya..tentang kerajaan Romawi judulnya Kunci emas..tentang Cleopatra [ tapi belum jadi permaisuri] karena Cleopatra cantik, padahal Kaisar itu seorang pencemburu..kemudian dibuatlah celana dalam dari emas lempeng persis cedal wanita...bagian bawah ada lobangnya.. jadi kalau ada aktifitas gak perlu cari kunci...dan kunci dibawa Kaisar...kemudian adik Kaisar yang memang lebih muda dan tampan dan telah memadu kasih pada Cleopatra yang cantik ini.. akhirnya pada suatu ketika kaisar membutuhkan, dan melepas cedal tsb, kuncinya dilemparkan ke arah adik kaisar yang bersembunyi di kamar tsb...setelah diduplikasi, dikembalikan lagi...hari-hari berikutnya...cedal emas itupun dinikmati oleh adik kaisar....

    Bue said...

    Wah, pemakaian badongnya di luar kain ya mas ?? superman jadi ada pasangannya nih :), jadi superwoman.. just kidding mas

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger