The Social Network, Intrik di Balik Facebook

Posted on
  • Tuesday, October 5, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Masih tentang facebook. Tapi kali ini mengenai film tentang facebook yang sedang menjadi box office di Amerika Serikat, The Social Network. Pada minggu pertama bulan ini The Social Network berhasil mengalahkan Legend of the Guardians, juga Wall Street: Money Never Sleeps yang dibintangi oleh Josh Brolin dan Shia LaBeouf berada di posisi ke tiga.

    Film ini bercerita tentang Mark Zuckerberg (Jesse Eisenberg), seorang pemuda jenius komputer namun antisosial yang sedang patah hati lantaran kekasihnya, Erica (Rooney Mara) mencampakkannya. Saat itulah kemudian dia mempunyai ide untuk membuat sebuah situs jejaring sosial yang disebut Facemash. Di situs itu memajang profil mahasiswi dan menyediakan voting apakah mahasiswi itu hot atau tidak. Situs ini lalu menjadi hit di kampus, dan bahkan sempat membuat server di Universitas Harvard, yang tak lain adalah kampusnya Zuckerberg ngadat.

    Lantas di tahun 2004, teman sekampus Zuckerberg, yaitu si kembar Cameron dan Tyler Winklevoss (Armie Hammer dan Josh Prince) memiliki ide situs jejaring sosial kampus dan menyewa Zuckerberg untuk membuatnya. Ternyata Zuckerberg tak menuntaskan tugas yang diberikan oleh penyandang dana tersebut, malahan menjalankan rencana pribadinya, yaitu bersama kawannya Eduardo Saverin mendirikan jejaring sosial bernama yang kemudian diberi nama TheFacebook yang kemudian berganti nama menjadi Facebook seperti yang sekarang dikenal oleh 500 juta penggunanya di seluruh jagad.

    Inilah kemudian yang memicu perdebatan tentang apakah Zuckerberg mencuri ide facebook dari sang teman, sekaligus perebutan di pengadilan antara Zuckerberg Saverin dan si kembar Winklevoss tentang kepemilikan dan perjanjian bisnis di balik Facebook. Meski masih menjadi perdebatan apakah memang film ini menggambarkan kepribadian sang pendiri facebook, namun yang jelas Zuckerberg sendiri menolak disamakan dengan dirinya di film tersebut.

    Dibuat oleh David Leo Fincher, sutradara kelahiran Amerika 28 Agustus 1962, selain membuat film juga dikenal lewat film iklan maupun video klip artis-artis terkenal. Sting, Madonna, Aerosmith ataupun megabintang Michael Jackson, hanya beberapa artis yang pernah disutradarainya. Sedangkan film-filmnya antara lain Alien 3, The Game, Panic Room juga Se7en yang juga dibintangi oleh Brad Pitt dan Kevin Spacey.

    Sementara sang pemeran utama, actor kelahiran 1983 ini juga sebelumnya dikenal lewat filmnya The Squid and the Whale (2005), Adventureland (2009), Zombieland (2009). Selain itu film ini juga didukung oleh Justin Timberlake, Andrew Garfield, Joe Mazzello dan Rashida Jones. Untuk Andrew Garfield, dia adalah pengganti Peter Parker dalam sequel terbaru dari film tentang superhero manusia laba-laba Spider Man.

    Sedangkan penulis nasakah film ini adalah Aaron Sorkin yang dikenal sebagai penulis naskah film "The West Wing" dan "A Few Good Men". Untuk mengingatkan anda A Few Good Men adalah film thriller tentang intrik-intrik di balik pembunuhan di sebuah barak yang dibintangi oleh Tom Cruise dan Jack Nicholson. (ill: ComingsoonNet)

    35 comments:

    fanny said...

    wah, sampai ada filmnya ya.

    alamendah said...

    (Maaf) izin mengamankan KEDUAX dulu. Boleh, kan?!
    Filmnya sampai jadi box office, ya?

    John Terro said...

    keren2 ... memang fenomena facebook mengalahkan jejaring lainnya, kayak myspace dan friendster yang dulu sempat menggemparkan dunia maya :D

    TuSuda said...

    apakah setelah film tersebut, FB akan semakin populer, kita lihat saja nanti, karena tidak ada yang abadi..

    Wong sikampuh said...

    Facebook semakin naik daun ya...(daun apaan tuh) he...he..

    pendarbintang said...

    Ah, sudahlah...aku sudah mendeactivekan account Fb ku, tapi mengaktivekan yang lain, he he hehe

    Sukadi Brotoadmojo said...

    walau ini hanya versi film, mungkin ada bagian di film itu yang nyata menggambarkan kisah tentang facebook. tapi apapun itu, yang pasti sekarang saya juga ikut menikmati adanya facebook..:)

    narti said...

    wah seru juga tuh...walaupun benar atau tidak kisah di filmnya.

    sda said...

    film ini akankah sukses?

    acacicu said...

    Segala sesuatu dimulai dari sebuah titik, dan diakhiri dengan sebuah titik (jenuh) juga. Sama seperti pendapat Bli Tusuda, kita lihat saja apa yang terjadi nanti.

    TUKANG CoLoNG said...

    nyampe di indonesia gag?

    Tukang Gosip said...

    ternyata gosipnya ada film juga?

    Fir'aun NgebLoG said...

    Hebat bgt tuch facebook!!!
    kapan yach FacebLoG bisa dibikin filmnya?... :D hahaha

    j4j said...

    "base on true story" atau cuma "fiksi"...???

    tomo said...

    film yang mak nyus kang

    Ferdinand said...

    true story hidupnya Mark donk ya Sob.. kayanya bgus tuh hhe.. di Indonesia kira2 kpn tayang di theaternya Sob????

    Cerita Inspirasi said...

    whuaa.. sekarang sampe ada filmnya, hehe. tapi sepertinya bikin penasaran nih, kapan yah bisa nonton..

    Djangan Pakies said...

    akhirnya sejarah FB dijadikan pilem juga ya sob

    tips rahasia diet alami said...

    hebat banget sampe masuk box office, thanks inponya sobat :)

    windflowers said...

    kayanya keren deh...:)

    ajeng said...

    Katanya film ini sempat menuai kritik karena lebih memihak ke Mark Zuckerberg..

    Usup Supriyadi said...

    begitulah facebook. hehehhe

    blogger admin said...

    penasaran aku jadi pingin lihat filmnya

    Gaphe said...

    Saking terkenalnya sampe dibikinin filem.. tapi saya ragu deh, paling masuk di Indonesia bakalan masih lama.. Ataupun kalo beredar juga paling versi bajakannya..

    NURA said...

    salam sobat
    makin naik pamor kalau difilmkan,
    jadi ingin lihat.
    trims kunjungannya ke S.A

    Teras Info said...

    saya kagum mas sama pendiri Facebook ini..meskipun masih muda dan katanya nggak tamat kuliahnya ...v bisa menciptakan hal yang sangat fenomenal di dunia cyber ini....mantabs....

    Muza elbanaf said...

    wew... facebook oh facebook..
    dibalik kontroversialnya justru menarik minat sang sutradara karena begitu banyak kisah perjalannya.

    Kira-kira di negara kita nanti ikutan juga nggak ya bikin pilm itu, coz biasanya yang lagi booming baru nyadar ada inspirasi hehehe...

    om rame said...

    review fiLmnya sangat Lengkap Mas, maLahan sudah masuk daLam jajaran box office yah. memang jejaring facebook sekarang sedang booming, hingga akhirnya seorang penuLis tertarik untuk berinspirasi dari media tersebut.

    ReBorn said...

    nice review.
    ijin follow ya sob.

    cucuharis said...

    FB memang fenomenal
    Sampai ada filmnya segala :D

    combrok said...

    Infomu keren,teman..!

    Fajar said...

    kapan ya diputar di Indonesia..mo nonton..ah...

    KANG uchiha said...

    ternyata eh ternyata. Tp mnurut sejarah yg prna ane dgr gk kyak gt dh.

    hip10 said...

    Bahasan menarik tentang film the social network, mungkin film ini bisa menjawab pertanyaan banyak orang mengenai sosok si pencipta facebook pada awalnya, walalupun mungkin sedikit di 'twist" sehingga terkesan agak playboy...tetapi tetap kayanya menarik untuk di tonton !

    btw, sudah tau tentang www.hip10.com belum?

    coba tengok ya, sebuah jejaring sosial baru buatan lokal yang mengundang user untuk memberi sebuah rekomendasi akan sebuah film, dan tiap user dan yang nge-HIP (seperti LIKE) memiliki kesempatan memenangkan TIKET GRATIS dari bitzmegaplex


    www.hip10.com

    Pendaftaran CPNS said...

    wah seru juga tuh kalau seandainya di filmkan

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger