Awas, Ada Cyber Bullying!

Posted on
  • Monday, October 11, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Sebut saja namanya Tono. Pemuda lulusan SMK di sebuah kota di Jawa Tengah tersebut harus berurusan dengan polisi, lantaran menyebar foto tak senonoh kekasihnya di sebuah situs jejaring social. Gara-garanya sepele, Tono tidak rela saat kekasih hatinya mengakhiri hubungan asmara mereka.

    Tak ayal lagi perkembangan internet di Indonesia belakangan ini bagaikan dua sisi mata uang. Di sisi lain penetrasi internet melalui PC atau ponsel di negeri ini telah membawa kemudahan informasi bagi masyarakat, bahkan pada beberapa kalangan telah membuka lapangan kerja baru yang berbasis internet. Namun di sisi lain, perkembangan tersebut juga membawa dampak buruk bagi masyarakat. Dan salah satunya adalah cyber bullying.

    Cyber bullying adalah sebuah tindakan agresif yang disengaja dilakukan oleh suatu kelompok atau individu dengan menggunakan sarana teknologi komunikasi dan media elektronik berulang kali dan sepanjang waktu terhadap korban yang tidak dapat dengan mudah membela dirinya sendiri. Tindakan agresif tersebut bukan hanya berupa terror atau ancaman namun dapat pula berupa tindakan mengirim atau memposting materi yang dapat merusak kredibilitas, menghina atau melakukan serangan sosial dalam berbagai bentuk, dengan memanfaatkan internet atau teknologi digital lainnya sebagai medianya. Di sini media yang digunakan tidak hanya berupa computer yang terhubung dengan internet atau situs jejaring social, tapi dapat juga berupa ponsel, bahkan yang paling sederhana seperti berupa pesan pendek atau sms.

    Dan tidak seperti pada bullying biasa, yang sebagian besar bergantung pada kekerasan dan ancaman fisik, rumor, atau penolakan, cyberbullying dapat menjangkau korban yang lebih luas melalui media sosial dan teknologi di mana pun, sehingga korban sulit untuk melarikan diri dari para pengganggu tersebut. Dan pada cyber bullying pelaku juga lebih sulit untuk dilacak karena dapat melakukan dari mana saja dan secara anonym.

    Pada sebuah survey yang melibatkan sekitar 2.215 remaja Finlandia berusia 13 sampai 16 tahun, didapat data bahwa sebanyak 4,8 persen dari mereka mengaku merupakan korban cyberbullying, 7,4 persen pelaku cyber bullying, dan 5,4 persen di antaranya merupakan pelaku sekaligus korban.

    Hasil studi juga menunjukkan bahwa sebagian besar cyber bullying dilakukan melalui pesan instan di komputer pada situs pertemanan dan jejaring sosial dan melalui threat di sebuah forum. Jenis cyberbullies biasanya berupa pelecehan oleh teman sebaya di usia yang sama. Sekitar 16 persen dari remaja perempuan yang disurvei mengatakan mereka diintimidasi oleh remaja pria, sedangkan hanya 5 persen dari remaja pria mengaku mendapat kekerasan melalui dunia maya oleh remaja perempuan.

    Namun demikian tidak hanya anak-anak dan remaja perempuan yang rentan terhadap cyber bullying ini. Bahkan guru pun kena dikerjai murid-muridnya melalui Facebook. Sebuah penelitian di Inggris menyebutkan bahawa satu dari tujuh staf pengajar menyebutkan bahwa mereka menjadi sasaran cyber bullying yang dilancarkan oleh rekan atau murid-murid mereka.

    Seorang pengajar menyebutkan bagaimana para pelaku cyberbullying membuat akun palsu dengan menggunakan nama korban dan membuat keterangan profil yang menggambarkan si korban merupakan pedofilia. Bahkan ada siswa membuat akun Facebook palsu yang mencatut nama guru dan menyebutkan bahwa sang guru senang berhubungan seks dengan remaja putra maupun putri.(ref: berbagai sumber/ill: kidzcomfort.com).

    47 comments:

    Tip Trik Blogger said...

    pertamax....
    kunjungan malam

    Senja said...

    hemmm,serem jg ternyata kalo internet dijadikan alat untuk berbuat melanggar hukum ya.

    joe said...

    Ya, begitulah... ada saja orang tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan kemajuan teknologi

    Coretan Hidupku said...

    Mengerikan sekali ya kejahatan2 semacam itu. Ada baiknya ada semacam regulasi yang keras dari pemerintah utk menghindari hal2 semacam itu.

    Teras Info said...

    wah memang ya....dengan semakin berkembangnya tekhnologi pada saat sekarang ini, apapun bisa terjadi.....

    yang paling tidak pantas adalah mereka-mereka orang yang tidak bertanggung jawab....
    tidak memanfaatkan perkembangan ini pada jalan yang benar...malah di jadikan ajang kejahatan...haduhhh...

    fitrimelinda said...

    hiihhh..syereeemm bgt..
    segala sesuatu emang punya dampak positif n negative nya ya mas..

    Sudinotakim said...

    Ngeri juga dgn kejahatan yg satu ini ya mas..berarti kita harus hati2 dgn data pribadi kita

    joanna said...

    hmm..nice artikel mas..krn temen saya pernah tuh mengalami hal yg mirip spt diatas..ngeri banget..apalagi tidak ada hal yg tidak mungkin dalam dunia yg serba internet ini..yg pasti kita sendiri hrs lebih berhati2 dlm segala hal.

    Deden Hf said...

    para penjahat itu tak hanya berkeliaran di dunia nyata saja ternyata, di dunia maya pun mereka berkeliaran. itulah manusia. ada yang baik, ada yang kurang ajar.

    pendarbintang said...

    Berinternetlah secara bijaksana..biasanya yg kaya gitu mah emang gak ada kerjaan aja...makanya iseng n nyari-nyari kerjaan...he he he

    Sang Cerpenis bercerita said...

    mungkin sebaiknya begitu putus hubungan, semua akkun fb dan twitter termasuk blog ditutup ya?

    Denuzz BURUNG HANTU said...

    inilah yang namanya jejaring sosial ... tak semua orang bisa menggunakannya dengan akal sehat ...
    ironis dan menyedihkan emang ... andai saja semua orang bisa memanfaatkan teknologi untuk hal-hal baik ...

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

    D3nBa9as said...

    Salam

    Hmm, apa ini dampak dari globalisasi itu yach jadi para cyberbullying mencari sisi lain dgn memanfaatkan tehnologi untuk sesuatu hal...

    Berkunjung dan silaturahmi kawan

    Salam kawan

    TuSuda said...

    Tindakan seperti ini kelihatan tidak etis dan fair.
    Lalu bagaimana cara mencegahnya ya Mas..

    tomo said...

    si tono ini ada2 aja kawand.
    kok sampe dendeam segala

    julicavero said...

    cek...cek..cek...oknum2 begituan ya..memanfaatkan kesempatan khususnya bidang teknologi...

    Muhammad A Vip said...

    ini sesuatu yang pasti terjadi, kita harus berupaya mengatasinya dan tulisan ini salah satu bentuk upaya tentunya.

    windflowers said...

    mmhh...selalu saja ada orang jahat ya...:(

    Ferdinand said...

    Ini yg sekarang sering terjadi di Social Networking..... bukannya memanfatkan teknologi untuk hal yg baik malah melakukan Cyber Bullying itu tadi...

    maaf baru bisa mampir Sob.. semangat n happy blogging...

    Warna Tulisan said...

    kemajuan teknologi disamping memberikan dampak positif, tentu saja dapat dimanfaatkan untuk hal2 yang negatif, nice posting sahabat.

    ARUS RASYID said...

    Pelaku-pelaku cyberbullying itu mesti ditindak tegas, karena tindakan mereka juga termasuk kejahatan.

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    serem bgt >,< makin canggih teknologi makin canggih jg kriminalitasnya :P

    Manchester United Tech | Berita Sepak Bola said...

    Internet memang ada hal positifnya dan ada juga hal negatifnya..
    tapi pelaku seperti diatas perlu ditindak hukum tuh biar dampak negatif di Internet bisa terhapuskan
    tetep semangat kawan

    Jane said...

    yah, harus bisa memilah dan memilih sajalah :-)

    dina said...

    Yup, harus bisa memilah2. Makanya Budayakan Internet Sehat :)

    Piacerre Sinyorin ☺ said...

    aku pernah ngerasain nih cyber bully hahahahah jadi pengen curcol halah :p

    KANG uchiha said...

    waahhh... musti lebih ati2 bersosialisasi di dunia internet ya sob?

    Rizky2009 said...

    masak cuma gara kaya gt nyebari foto bugil kekasihnya, harus tetap waspadalah, jangan negatifkan inernet donk

    Herlina said...

    waspadalah.. terutama bagi remaja

    Tukang Gosip said...

    wah kalu gitu kita semua musti ati-ati dong yaaa
    jangan sampe nge-gosip yang bikin orang lain sakit ati, ntar kita semua digosipin yang enggak-enggak...hiiiyyy atuuut..

    acacicu said...

    kemajuan tehnologi memang mau nggak mau juga menuntut kemajuan mental ya mas..

    rawins said...

    susah untuk dihindari. yang bisa dilakuin ya cuma nyiapin mental spiritual buat ngadepinnya. jadi kalo suatu saat ketiban sial kita bisa senyum walalu kecut.. ngambek juga ga ngefek kan..?

    orange float said...

    ini perbuatan orang-orang yang tak bertanggung jawab dan pengecut.

    TUKANG CoLoNG said...

    Musti waspada nie!

    harto said...

    waaah harus hati2 yaaa... banyak yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan, jangan asal sembarang kata atau sembarang kirim. BERPIKIR SEBELUM BERTINDAK....
    trims atas infonya, sukses selalu n tetap semangat.

    om rame said...

    pemanfaatan teknoLogi yang tidak pada tempatnya, justru maLah merugikan orang Lain. sehingga diperLukannya kecermatan dari setiap pengguna media tersebut agar jangan sampai terjebak pada pembahasan seperti apa yang disampaikan di atas.

    dengan adanya kewaspadaan dan kecermatan dari masing2 pengguna, diharapkan dapat menekan angka korban yang kian hari banyak terkena dampaknya. semoga tidak Lagi.

    kondisi ini memprihatinkan biLa tetap dibiarkan tanpa adanya strategi khusus dari pihak penyedia Layanan untuk menghambat pergerakannya.

    suryaden said...

    ora meden medeni lho mas... hihihi

    berpikir positif said...

    kalau disini artis banyak yang make namanya untuk dijadikan akun Fb atau twitter tapi kalau sudah make nama guru sendiri itu sudah keterlaluan

    Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia said...

    memang memprihatinkan mas bagaimana perkembangan internet sekarang bisa dibuat untuk menjelekkan atau mencemarkan nama baik orang lain

    alamendah said...

    selalun ada sisig neatif yang menyertai. Butuh kearifan dan kewaspadaan dari kita semua.

    j4j said...

    kudu hati2 tu kang...!!! bkn cuma hati2 menggunakan internet, tapi jg hati2 berbicara/menulis sesuatu di internet...!!!

    mamah Aline said...

    ngeri juga kalo ada hal yang bisa dimanfaat pelaku cyber bullying buat memeras atau bermaksud balas dendam pada kita

    ReBorn said...

    ga beda jauh sama di dunia nyata, di dunia internet pun sebaiknya kita tepat beretika yang sopan dan berhati-hati.

    fai said...

    mudah2an foto esik-esik gw yang tersimpan rapih di flashdisck gw yang hilang beberapa tahun lalu tidak terseba yah, buahaya, wakakakakakakakkakakakakk

    gw ajah said...

    bener sob, kitamusti ati2 deh sama dunia yg satu ini...

    John Terro said...

    di forum2 banyak kayak gtu
    biasanya dengan title BB 17+ kebanyakan isinya yang gtu2

    Qori said...

    inilah salah satu alasan saya meninggalkan Facebook...

    banyak temen-temen saya yang terjerumus cyber bullying... ya biasanya karena mereka adalah ABG LABIL yang butuh perhatian.

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger